Piagam Madinah

Saat sudah menetap di Madinah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mulai mengatur hubungan antar individu di Madinah. Berkait tujuan ini, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menulis sebuah peraturan yang dikenal dengan sebutan Shahîfah atau kitâb atau lebih dikenal sekarang dengan sebutan watsîqah (piagam). Mengingat betapa penting piagam ini dalam menata masyarakat Madinah yang beraneka ragam, maka banyak ahli sejarah yang berusaha membahas dan meneliti piagam ini guna mengetahui strategi dan peraturan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam menata masyarakatnya. Dari hasil penelitian mereka ini, mereka berbeda pendapat tentang keabsahannya. Penulis kitab as Sîratun Nabawiyah Fi Dhauil Mashâdiril Ashliyyah, setelah membawakan banyak riwayat tentang piagam ini berkesimpulan bahwa riwayat tentang Piagam Madinah derajatnya hasan lighairihi[1].

SEJARAH PENULISAN PIAGAM
Penulis kitab as Sîratun Nabawiyah as Shahîhah mengatakan : “Pendapat yang kuat mengatakan bahwa piagam ini pada dasarnya terdiri dari dua piagam yang disatukan oleh para ulama ahli sejarah. Yang satu berisi perjanjian dengan orang-orang Yahudi dan bagian yang lain menjelaskan kewajiban dan hak kaum muslimin, baik Anshâr maupun Muhâjirîn. Dan menurutku, pendapat yang lebih kuat yang menyatakan bahwa perjanjian dengan Yahudi ini ditulis sebelum perang Badar berkobar. Sedangkan piagam antara kaum Muhâjirîn dan Anshâr ditulis pasca perang Badar[2]. At Thabariy rahimahullah mengatakan : “Setelah selesai perang Badar, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tinggal di Madinah. Sebelum perang Badar berkecamuk, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah membuat perjanjian dengan Yahudi Madinah agar kaum Yahudi tidak membantu siapapun untuk melawan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, (sebaliknya-pent) jika ada musuh yang menyerang beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah, maka kaum Yahudi harus membantu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah Rasulullah berhasil membunuh orang-orang kafir Quraisy dalam perang Badar , kaum Yahudi mulai menampakkan kedengkian ….. dan mulai melanggar perjanjian.[3] ”

Sedangkan kisah yang dibawakan dalam Sunan Abu Daud rahimahullah yang menceritakan, bahwa setelah pembunuhan terhadap Ka’ab bin al Asyrâf (seorang Yahudi yang sering menyakiti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah) dan orang-orang Yahudi dan musyrik madinah mengeluhkan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajak mereka untuk membuat sebuah perjanjian yang harus mereka patuhi. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menulis perjanjian antara kaum Yahudi dan kaum muslimin.

Ada kemungkinan ini adalah penulisan ulang terhadap perjanjian tersebut. Dengan demikian, kedua riwayat tersebut bisa dipertemukan [4], riwayat pertama yang dibawakan oleh para ahli sejarah yang menyatakan kejadian itu sebelum perang Badar dan riwayat kedua yang dibawakan oleh Imam Abu Daud rahimahullah yang menyatakan kejadian itu setelah perang Badar.

ISI PIAGAM
Berikut ini adalah point-poin piagam yang kami bawakan secara ringkas [5] :

A. Point-Point Yang Berkait Dengan Kaum Muslimin

  • Kaum mukminin yang berasal dari Quraisy dan Yatsrib (Madinah), dan yang bergabung dan berjuang bersama mereka adalah satu umat, yang lain tidak.
  • Kaum mukminin yang berasal dari Muhâjirîn , bani Sa’idah, Bani ‘Auf, Bani al Hârits, Bani Jusyam, Bani Najjâr, Bani Amr bin ‘Auf, Bani an Nabît dan al Aus boleh tetap berada dalam kebiasaan mereka yaitu tolong-menolong dalam membayar diat di antara mereka dan mereka membayar tebusan tawanan dengan cara baik dan adil di antara mukminin.
  • Sesungguhnya kaum mukminin tidak boleh membiarkan orang yang menanggung beban berat karena memiliki keluarga besar atau utang diantara mereka (tetapi mereka harus-pent) membantunya dengan baik dalam pembayaran tebusan atau diat.
  • Orang-orang mukmin yang bertaqwa harus menentang orang yang zalim diantara mereka. Kekuatan mereka bersatu dalam menentang yang zhalim, meskipun orang yang zhalim adalah anak dari salah seorang diantara mereka.
  • Jaminan Allah itu satu. Allah k memberikan jaminan kepada kaum muslimin yang paling rendah. Sesungguhnya mukminin itu saling membantu diantara mereka, tidak dengan yang lain.
  • Sesungguhnya orang Yahudi yang mengikuti kaum mukminin berhak mendapatkan pertolongan dan santunan selama kaum Yahudi ini tidak menzhalimi kaum muslimin dan tidak bergabung dengan musuh dalam memerangi kaum muslimin

B. Point Yang Berkait Dengan Kaum Musyrik
Kaum musyrik Madinah tidak boleh melindungi harta atau jiwa kaum kafir Quraisy (Makkah) dan juga tidak boleh menghalangi kaum muslimin darinya.

C. Point Yang Berkait Dengan Yahudi

  • Kaum Yahudi memikul biaya bersama mukminin selama dalam peperangan.
  • Kaum Yahudi dari Bani ‘Auf adalah satu umat dengan mukminin. Kaum Yahudi berhak atas agama, budak-budak dan jiwa-jiwa mereka. Ketentuan ini juga berlaku bagi kaum Yahudi yang lain yang berasal dari bani Najjâr, bani Hârits, Bani Sâ’idah, Bani Jusyam, Bani al Aus, Bani dan Bani Tsa’labah. Kerabat Yahudi (di luar kota Madinah) sama seperti mereka (Yahudi).
  • Tidak ada seorang Yahudi pun yang dibenarkan ikut berperang, kecuali dengan idzin Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Kaum Yahudi berkewajiban menanggung biaya perang mereka dan kaum muslimin juga berkewajiban menanggung biaya perang mereka. Kaum muslimin dan Yahudi harus saling membantu dalam menghadapi orang yang memusuhi pendukung piagam ini, saling memberi nasehat serta membela pihak yang terzhalimi

D. Point-Point Yang Berkait Dengan Ketentuan Umum

  • Sesungguhnya Yatsrib itu tanahnya haram (suci) bagi warga pendukung piagam ini. Dan sesungguhnya orang yang mendapat jaminan (diperlakukan) seperti diri penjamin, sepanjang tidak melakukan sesuatu yang membahayakan dan tidak khianat . Jaminan tidak boleh tidak boleh diberikan kecuali dengan seizin pendukung piagam ini
  • Bila terjadi suatu persitiwa atau perselisihan di antara pendukung piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bahaya, maka penyelesaiannya menurut Allah Azza wa Jalla, dan Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Kaum kafir Quraisy (Mekkah) dan juga pendukung mereka tidak boleh diberikan jaminan keselamatan
  • Para pendukung piagam harus saling membantu dalam menghadapi musuh yang menyerang kota Yatsrib
  • Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang berada di Madinah juga aman, kecuali orang yang zhalim dan khianat. Dan Allah Azza wa Jalla adalah penjamin bagi orang yang baik dan bertakwa juga Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pelajaran Dari Piagam Madinah

  • Piagam ini dianggap sebagai peraturan tertulis pertama di dunia
  • Para ulama tidak mengatakan bahwa diantara hukum-hukum yang tercantum dalam piagam ini ada yang di nasakh kecuali perjanjian dengan Yahudi atau non muslim dengan tanpa kewajiban membayar jizyah (pajak). Hukum ini terhapus dengan firman Allah k dalam Surat at Taubah/9 : 29
  • Sebagian para ulama mengatakan bahwa hubungan kaum muslimin dengan Yahudi yang terdapat dalam piagam tersebut sejalan dengan firman Allah dalam al Qur’an Surat al Mumtahanah/60 : 8, yang artinya : Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu.
  • Piagam ini telah mengatur berbagai sisi kehidupan umat
  • Dalam piagam ini terdapat landasan perundang-undangan, misalnya :
  • Pembentukan umat berdasarkan aqidah dan agama sehingga mencakup seluruh kaum muslimin dimanapun berada
  • Pembentukan umat atau jama’ah berdasarkan tempat tinggal, sehingga mencakup muslim dan non muslim yang tinggal disana
  • Adanya persamaan dalam pergaulan secara umum
  • Larangan melindungi pelaku kriminal
  • Larangan bagi kaum Yahudi untuk ikut berperang kecuali dengan idzin Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam
  • Larangan perbuatan zhalim pada harta, kehormatan dan lain sebagainya
  • Larangan melakukan perjanjian damai secara pribadi dengan musuh
  • Larangan melindungi pihak musuh
  • Keharusan ikut andil dalam pembiayaan yang diperlukan dalam rangka membela negara
  • Keharusan membayar diyat dari yang melakukan pembunuhan
  • Tebusan tawanan
  • Melestarikan kebiasaan yang baik

Dinukil dari :
– as Sîratun Nabawiyah as Shahihah, DR Akram Dhiya’ al Umariy
– as Sîratun Nabawiyah Fi Dhauil Mashâdiril Ashliyyah, DR Mahdi Rizqullah Ahmad

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 10/Tahun XII/1430H/2009. Diterbitkan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo – Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-761016]
________
Footnotes
[1]. as Sîratun Nabawiyah Fi Dhauil Mashâdiril ashliyyah, hlm. 312
[2]. As sîratun nabawiyah as Shahîhah, hlm. 277
[3]. Târîkhur Rusul wal Mulûk. Lihat as Sîratun Nabawiyah as Shahîhah, hlm. 278
[4]. as Sîratun Nabawiyah as Shahihah, hlm. 278
[5]. Ringkasan ini kami nukilkan dari as Sîratun Nabawiyah Fi Dhauil Mashâdiril Ashliyyah, hlm. 306-307

________________________________________________________

Harga : Rp 180.000,- Rp. 145.000,-
1 karton Rp 1.300.000,- free ongkir

FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk & Jumlahnya#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP
KIRIM KE 0812. 10 1 10. 323

Berdasarkan hasil penelitian diberbagai Universitas di seluruh dunia, ditemukan bahwa teripang/gamat emas sangat berkhasiat sebagai obat serbaguna dan antiseptik tradisional.

Teripang/Sea Cucumber & Gold Jelly akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak. kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibiotik.Karena itu juga teripang/gamat kerap disebut Imunomodulator.

Lantaran kandungan kologen yang tinggi, teripang atau Sea Cucumber & Gold Jelly ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat. Penyakit degeneratif yaitu penyakit yang ditandai dengan penurunan fungsi organ yang diakibatkan adanya kerusakan sel-sel jaringan yang luas, dengan kemampuan yang dimiliki teripang/gamat untuk memacu regenerasi sel yang tinggi maka teripang/Cucumber Jelly dapat berfungsi mencegah dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai macam penyakit.

Penelitian mengungkapkan, teripang/Sea Cucumber Jelly pada konsentrasi 50 mikrogram menggumpalkan dan menghadang sel kanker. oleh sebab itu pengidap kanker banyak yang berharap pada teripang/Sea Cucumber Jelly. selain itu, kandungan protein tinggi pada teripang/Cucumber Jelly yang mencapai 82%, baik diberikan pada penderita diabetes.

Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin Gold Cucumber. Hasilnya Produksi insulin meningkat.

Banyak sekali manfaat teripang emas dalam menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif seperti :

  • Stroke
  • Jantung Koroner
  • Kencing Manis & Luka Gangren
  • Kanker (Tumor)
  • Gagal Ginjal
  • Chirosis Hepatis
  • Asam Urat
  • Rhematik
  • Wasir
  • Esteoporosis (Pengeroposan Tulang)
  • Alergi Saluran Pernafasan (Bersin, Filek, Sinusitis, Asma)
  • Alergi Kulit (Aksim, Gatal)
  • Darah Tinggi
  • Darah Rendah
  • Kolesterol
  • Penyempitan Pembuluh Darah
  • Penurunan Fungsi Liver
  • Rambut Rontok
  • Pembesaran Prostat
  • Dll.

Jelly Gamat Gold-G
– Sertifikat HALAL dari Malaysia: JAKIM (22.00)/492/2/1 010-10/2004.
– Rekomendasi (Sertifikat) Badan POM RI ML 234201001307.
– Rekomendasi dari Agri-Food & Veterinary Authority of Singapore (AVA) tanggal 11 Oktober 2003
(Semacam Departemen Kesehatan-nya Pemerintah Singapura)

Kandungan:
– Kolagen 80,0%
– Protein 86,8%
– Mineral
– Mukopolisakarida
– Glucasaninoglycans (GAGs)
– Antiseptik alamiah
– Chondroitin
– Omega-3, 6, dan 9
– Asam Amino

Terdapat sekitar 50 jenis kandungan aktif biologi yang ditemukan didalam Gamat / Teripang / Sea Cucumber Jelly.

Manfaat:
Berikut ini adalah daftar kandungan aktif yang penting beserta manfaatnya.

1. Kolagen
– Mempercepat penyembuhan luka
– Memelihara kesehatan sendi dan tulang, mencegah osteoporosis
– Membuat kulit menjadi menjadi lebih muda, meningkatkan kecantikan dan
memperlambat penuaan dini
– Baik untuk paru-paru
– Mengurangi masalah lambung/penyakit maag

2. Protein Asam Amino
– Terdapat 18 asam amino dengan 9 asam amino esensial
– Komponen untuk pertumbuhan sel-sel baru, memperbaiki jaringan
– Kaya akan arginin, komponen penyusun sperma dan kolagen
– Membentuk anti bodi, enzim, dan hormon

3. Protein Lektin
Lektin pada gamat gold-g / teripang / Sea Cucumber tidak berpengaruh pada tipe golongan darah. Lektin tersebut memiliki aktifitas anti kanker bahkan memiliki efek positif terhadap perlawanan virus HIV. Bersama asam amino Trypsin Lektin tersebut meningkatkan aktifitas agglutinasi, yaitu aktifitas darah dalam proses pembentukan antibodi dari serangan bakteri / mikroorganisme yang menginfeksi pada darah

4. Glukosaminoglykan (GAGs)
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, anti kanker dan anti tumor
– Mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit, mempercepat penyembuhan luka
– Mengurangi kadar gula darah dan kekentalan darah, mencegah penggumpalan darah,
mengendalikan lemak darah, mengurangi trigliserida dan kolesterol
– Mencegah penuaan dini
– Anti virus dan anti radioaktif
– Meringankan arthritis dan sakit persendian
– Membantu meningkatkan kadar insulin

5. Glucosamine dan Chondroiti
– Mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit
– Memelihara kesehatan sendi dan tulang, memperbaiki sendi yang rusak,
menyokong kesehatan tulang rawan dan tendon
– Meningkatkan sistim kekebalan tubuh dan memelihara pertumbuhan dan perkembangannya
– Membantu memelihara jaringan ligmen pada tulang
– Membantu dan mencegah osteoporosis dan osteoarthritis

6. Mukopolisakarida
– Mencegah inflamasi dan mengurangi rasa sakit
– Mempercepat penyembuhan luka (3 x lebih cepat)
– Mengaktifkan pertumbuhan dan aktifitas sel-sel
– Membuat kulit menjadi lebih muda, dan meningkatkan kecantikan
– Menenangkan dan menstabilkan emosi
– Menurunkan & menstabilkan hipertensi/darah tinggi
– Memelihara sistem jantung

7. Omega 3 , Omega 6 dan Omega 9
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
– Menutrisi otak dan jantung
– Mengendalikan tekanan darah, mengendalikan lemak darah
– Memelihara sirkulasi darah, mencegah penyakit kardiovaskular
– Meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat dan mencegah kepikunan
– Menurunkan kekentalan darah, sehingga mengurangi resiko serangan jantung
– Membantu meningkatkan pembakaran energi

8. Saponin
– Antioksidan, anti mikroba dan anti kanker
– Meningkatkan sistim kekebalan tubuh
– Merangsang pembentukan sumsum tulang, memproduksi darah dan mencegah anemia
– Bertindak sebagai perangsang untuk membantu masalah impotensi
– Meningkatkan metabolisme energi dan mengatasi kelelahan

9. Vitamin B

a. Vitamin B1 (Thiamin)
– Sebagai bagian dari enzim
– Membantu fungsi sel syaraf
– Diperlukan untuk produksi energi di dalam otak

b. Vitamin B2 (Riboflavin)
Diperlukan untuk metabolisme energi dan membangun jaringan

c. Vitamin B3 (Niasin)
Diperlukan untuk metabolisme energi, pencernaan dan sistem syaraf yang sehat

10. Kandungan Mineral dan Manfaatnya Terhadap Tubuh

* MAGNESIUM
– Membantu proses metabolisme utama dalam badan.
– Menggerakkan enzim-enzim yang penting untuk metabolisme karbohidrat dan asam amino.
– Berperan dalam perkembangan syaraf.
– Mengontrol keseimbangan kandungan garam di dalam badan.
– Membantu pertumbuhan urat syaraf, termasuk jantung.
– Membantu penggunaan dan pertukaranglukosa untuk menghasilkan tenaga.

Aplikasi : Mengatasi kencing manis, memelihara tekanan darah, mengatasi masalah pankreas, memperbaiki kerusakan pada syaraf otot, memelihara ginjal, meringankan asam urat, gout / encok, menurunkan tekanan darah tinggi.

* FOSFOR
– Dengan Kalsium, untuk pertumbuhan tulang dan gigi.
– Bersama karbohidrat, lemak dan protein membantu untuk pertumbuhan, perkembangan
dan perbaikan sel, juga untuk mwnghasilkan tenaga.
– Merangsang perkembangan dan pertumbuhan otot.

Aplikasi : Mencegah sakit sendi, memperbaiki nafsu makan, memelihara gusi dan gigi, melegakan sistim pernafasan, mencegah artherosklerosis (memelihara dinding pembuluh darah dari penyumbatan).

* ZINC
– Sebagai komponen insulin dan memelihara kesuburan sperma pria
– Membantu menyembuhkan luka, luka bakar dsb

Aplikasi : Meringankan sakit sendi, mencegah kemandulan, membantu masalah jerawat, impoten, memperkuat ginjal, meningkatkan gairah seks, mengatasi kencing manis, menyembuhkan luka terbakar

* SODIUM
– Bersama potassium, menstabilkan kandungan garam dan keasaman di dalam darah
serta terlibat dalam pengembangan otot-otot dan syaraf
– Membantu melarutkan mineral-mineral yang lain di dalam darah supaya tidak mengendap di dalam darah

Aplikasi : Mengeluarkan angin dibadan, penurunan berat badan, memelihara email, struktur gigi dan gusi, mengurangi sakit sendi, membantu tubuh dalam kondisi demam

* KUPRUM
– Membantu dalam pembentukan haemoglobin dan sel darah merah
– Membantu dalam proses metabolisme protein dan penyembuhan
– Bersama vitamin C, membentuk elatin (komponen utama dalam serabut otot /
elastic muscle fibres di dalam tubuh)

Aplikasi : Membantu saat terjadi bengkak, lebam, membantu pernafasan, mengurangi keletihan

* POTASIUM
– Memelihara otot-otot jantung, sistim syaraf, dan ginjal
– Dengan fosforus, menghantar oksigen ke bagian otak
– Membantu ginjal mengeluarkan toksin / racun dalam tubuh

Aplikasi : Melegakan sistim pernafasan, membantu masalah kencing manis / diabetes mellitus, meringankan stroke, membantu masalah jerawat, mencegah sembelit

Telah terbukti Air dari Gamat / Teripang Emas ini mampu mengobati berbagai penyakit dan telah digunakan sejak zaman nenek moyang kita sebagai Obat Alternatif yang Ampuh dan Mujarab, diantaranya untuk penyakit :

* Penyakit Diabetes Melitus – Kencing Manis
* Menurunkan Kolesterol LDL Dan Trigliserida
* Menaikkan HDL
* Menurunkan Darah Tinggi dan Menstabilkan
* Penyakit stroke
* Penyakit Hepatitis
* Penyakit Jantung Koroner
* Penyakit Lupus
* Batu Ginjal – Kencing Batu
* Nyeri Persendian – Arthritis Tulang
* Masalah Pencernaan – Maag Kronis
* Masalah Pernafasan – Sesak Nafas – Paru-paru
* Tumor, Kista dan Kanker
* Memelihara Kecantikan Kulit
* Menyembuhkan penyakit kulit – Psoriasis
* Mengobati dan Menghilngkan Jerawat
* Sebagai Antiseptic dan Penahan Sakit Alamiah
* Mempercepat penyembuhan luka sehabis Operasi
* Mempercepat penyembuhan luka sehabis melahirkan
* Gamat Gold-G Halal dan Aman Dikonsumsi

Produk ini juga aman dikonsumsi semua kalangan, termasuk untuk anak-anak.

Iklan

Perihal lataghdhab
Herbal Shop Al-Khair | Mudah, Aman dan Amanah | Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS :: Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: