Musholla dan Kantin

Pertanyaan

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan, saya ingin membuat sebuah kantin dan musholla di tanah saya yang cukup lapang. Bagian timurnya menempel dengan tembok pembatas lahan. Lalu bagian baratnya atau kiblat musholla mengahadap ke jalan di dalam lahan saya yang luas tersebut.

Ia merupakan bangunan terpisah dari bagian bangunan yang besar dari lahan tersebut. Perkiraan saya untuk musholla terdiri dari 2 shoff pria dan 2 shoff wanita. Tentunya km/wc dan wudhu masing-masing dipisah.

Untuk kantin kecil saja. Mungkin cukup untuk 8 atau 10 orang, berikut dengan dapurnya. Dia atas kantin atapnya sebagian bisa dicor, hingga dapat digunakan untuk tangki air atau sekedar menjemur pakaian.

Di belakang kantin ada gudang sekitar 4 x 5 m. Tempat kami menyimpan barang-barang.

Demikian pertanyaan kami. Terimakasih atas tanggapannya.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Udin

Jawaban

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Udin yang saya hormati,

Saya letakkan musholla di sebelah kanan dan kantin di sebelah kiri. Pemisahnya adalah jalan setapak menuju musholla. Di samping jalan setapak saya beri space untuk pohon  peneduh. Hingga ia rindang dan sejuk. Bisa juga untuk duduk-duduk sambil makan.

Kursi tempat makan memang saya padatkan. Bisa 16 orang. Namun untuk nyamannya cukup 10 orang saja.

Berikut denahnya saya tampilkan :

Jelas sudah. Melalui denah ini kita bisa melihat privasi masing-masing ruang. Namun mereka dapat terhubung dengan mudah dan baik. Agar lebih mudah lagi saya coba tampilkan gambar 3 dimensinya :

Nah, semakin jelas sudah penampilannya. Persis di atas gudang saya cor. Hingga keperluan meletakkan tangki air atau sekedar menjemur pakaian dapat terakomodasi.

Untuk tangga naik bisa dibuat melalui gudang atau sekedar tangga kapal yang berdiri tegak dari arah jalan setapak di musholla.

Selesai sudah penayangan kita kali ini. Semoga bermanfaat. Dan mohon maaf saya undur diri dulu. Karena harus mengantar anak-anak sekolah di Islamic Centre Iqro’. Sekaligus bisa mengecek hafalan qur’an mereka di jalan.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta , ST – andan.arsitek@gmail.com

Iklan

Perihal lataghdhab
Herbal Shop Al-Khair | Mudah, Aman dan Amanah | Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS :: Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: