Hukum Mengusap Muka Setelah Sholat & Berdoa

Artikel ini adalah sebuah salinan secara ringkas dari perbahasan sekitar persoalan adakah mengusap (menyapu) muka selepas salam (dalam sholat) itu suatu yang disunnahkan, juga turut mengupas apakah menyapu/mengusap muka selepas/selesai berdoa itu memiliki contoh dari sunnah yang shahih atau tidak. Mari kita kupas Berdasarkan fatwa Imam asy-Syafie rahimahullah. Beliau menentang perbuatan tersebut (menyapu muka) sebagaimana dijelaskan oleh beliau rahimahullah melalui hadist yang terdapat dalam kitab Al-Umm yang menjelaskan supaya tangan kita adalah tetap di atas paha ketika semasa dan selepas salam (membawa maksud tiada perbuatan menyapu muka):

عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمْرَة قَالَ : كُنَّا مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَاِذَا سَلمَ قَالَ اَحَدُنَا بِيَدِهِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ : السلام عليكم ، السلام عليكم . وَاَشَارَ بِيَدِهِ عَنْ يَمِيْنِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ . فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا بَالَكُمْ تُومئونَ بِاَيْدِيَكُمْ كَاَنَّهَا اَذْنَابُ خَيْلٍ شُمْسٍ اَوْ لاَيَكْفِى اَوْ اِنَّمَا يَكْفِى اَحَدُكُمْ اَنْ يَضَعَ يَدهُ عَلَى فَخِذِهِ ثُمَّ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِيْنِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله

“Dari Jabir bin Samrah berkata: tatkala kami sholat bersama Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam, maka ketika baginda memberi salam, berkata salah seorang dari kami dengan tangannya ke kanan dan kirinya dan mengucapkan: As-salamu ‘alaikum, as-salamu ‘alaikum, serta mengisyaratkan dengan tangannya ke kanan dan ke kiri. Maka Nabi sallallahu ‘alaihi wa-sallam bersabda: Apa yang terjadi kepada kamu, mengisyaratkan dengan tangan kamu, tak ubah seperti ekor kuda yang mabuk, tidakkah cukup  atau sesungguhnya cukuplah seseorang kamu meletakkan tangannya di atas pahanya kemudian  memberi salam ke kanannya dan ke kirinya seraya mengucapkan: As-salamu ‘alaikum wa-rahmatullah, as-salamu ‘alaikum wa-rahmatullah”. (Lihat: al-Umm. Jld. 1. Hlm. 122. Hadist ini diriwayatkan oleh Riwayat Muslim)

Adapun yang ditegur oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam pada hadist di atas ialah perbuatan menggerakkan tangan kanannya ke kanan ketika menoleh ke kanan dan menggerakkan tangan kirinya ke kiri ketika menoleh ke kiri. Hal ini setelah dilihat oleh baginda, kemudian baginda bertanya yang berupa larangan:

“Mengapa kamu menggerakkan tangan kamu seperti gerakan ekor kuda yang lari terbirit-birit dikejar binatang buas? Apabila seseorang antara kamu mengucapkan salam, hendaklah ia berpaling kepada temannya dan tidak perlu menggerakkan tangannya. Maka ketika mereka solat bersama Rasulullah, mereka tidak melakukannya lagi”. (Lihat: Sifat Solat Nabi. Hlm. 236)

Pada riwayat yang lain baginda bersabda:
“Seseorang antara kamu cukup meletakkan tangannya di atas pahanya, kemudian ia mengucapkan salam dengan berpaling kepada saudaranya yang di sebelah kanan dan saudaranya yang di sebelah kiri”. (Hadis Riwayat Muslim, Abu ‘Awanah, Siraj, Ibnu Khuzaimah dan at-Thabrani)

Menggerakkan tangan ke kanan atau ke kiri sebagai tanda penutup atau selesainya sholat telah dilarang oleh Rasulullah s.a.w. sendiri. Maka menyapu tengkuk, kepala dan kemudian muka di setiap kali selesai memberi salam adalah juga merupakan sebagai tanda, isyarat atau sebagai penutup sholat. Melakukan pekerjaan tersebut adalah bid’ah karena menyerupai perbuatan mereka (yang menggerakkan tangannya ke kanan dan ke kiri) yang dicegah  oleh Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam, malah tidak ada hujjah yang shahih melegalkan perbuatan tersebut. Perbuatan serupa itu adalah bertentangan dengan sunnah Rasulullah dan para sahabat. Maka ia wajib ditinggalkan. Jelas, hal tersebut  tidak ada contohnya dari  Rasulullah SAW.

Al-Mawarzi di dalam kitab al-Witr (hal. 236) berkata, “Ahmad bin Hanbal (imam Ahmad (w. 248H)) menyatakan, dari Abu Dawud, “Aku pernah mendengar bahwa Ahmad ditanya tentang seseorang mengusap mukanya dengan kedua tangan jika telah selesai solat witr, ia berkata, “Aku belum pernah mendengar sedikit pun berkenaan dengan hal itu, sedangkan aku menyaksikan bahwa Ahmad tidak melakukan hal itu (mengusap muka selepas solat).”

MENYAPU MUKA SETIAP KALI SELESAI BERDOA

Salah satu amalan dan kebiasaannya dalam masyarakat kita, ialah mengusap (menyapu) muka setiap kali selesai berdoa sebagai penutup doa dan mungkin untuk mendapat berkah dari doa tersebut. Sebenarnya perbuatan tersebut tidak mempunyai asas/landasan dari syara’ dan tiada nash yang boleh dijadikan hujjah/sandaran, karena semua hadist-hadist yang menunjukkan menyapu muka setelah selesai berdoa keseluruhannya lemah/dhaif belaka. Antara hadis-hadis tersebut ialah:

Hadist Pertama:

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعَبِ الْقَرْظِيِّ عَنِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَا سَاَلْتُمْ بِاللهِ فَسَلُوْهُ بِبُطُوْنِ اَكُفِّكُمْ ، وَلاَ تَسْاَلُوْهُ بِظُهُوْرِهَا ، وَامْسَحُوْا بِهَا وُجُوْهَكُمْ

“Dari Muhammad bin Ka’ab al-Qurdzi dari Ibnu Abbas berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam bersabda: Apabila kamu meminta (berdoa) kepada Allah, maka mintalah dengan telapak tangan kamu, jangan memintanya dengan belakangnya. Dan sapulah dengannya muka kamu”. (Hadis Riwayat At-Thabrani dalam المعجم الكبير 10/10779. az-Zahabi dalam المستدرك 1/536. Al-Baihaqi. السنن الكبرى2/212)

(1). عَنْ صَالِحِ بْنِ حَسَّانَ اْلاَنْصَارِيِّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعَبِ الْقَرْظِيِّ عَنِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اِذَا دَعَوْتَ اللهَ فَادْعُ بِبَاطِنِ كَفَّيْكَ ، وَلاَ تَدْعُ بِظُهُوْرِهَا ، فَاِذَا فَرَغْتَ فَامْسَحْ بِهِمَا وَجَهَكَ.

1.  “Dari Soleh bin Hassan al-Ansari, dari Muhammad bin Ka’ab al-Qardzi dari Ibn Abbas, beliau berkata: Bersabda Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam: Jika engkau berdoa kepada Allah, maka berdoalah dengan telapak tanganmu, janganlah berdoa dengan kedua-dua belakangnya. Maka setelah selesai, sapulah wajahmu dengan kedua tanganmu”. (Hadis Riwayat Ibnu Majah dalam Sunan. 1/373. Hadis No. 1181) Kedua hadist di atas ini adalah sangat lemah karena pada sanadnya terdapat perawi yang lemah sebagaimana dapat diketahui dari penjelasan di bawah ini:

Dalam az-Zawaid dinyatakan: Isnad hadist ini lemah. Ia dilemahkan karena terdapat perawi bernama Soleh bin Hassan. (Lihat: Sunan Ibn Majah. 1/373)

Menurut Imam Bukhari rahimahullah: Hadist yang berasal dari Soleh bin Hassan al-Ansari dari Muhammad bin Ka’ab al-Qurdzi adalah hadist mungkar. Dan beliau berkata lagi: Setiap seseorang yang telah aku katakan hadistnya mungkar, maka tidak boleh untuk meriwayatkan hadist darinya. (Lihat: ميزان الاعتدال 1/6. Az-Zahabi)

Menurut Ibnu Hibban: Semua hadis yang diriwayatkan oleh (Soleh bin Hassan al-Ansari) adalah hadist-hadist palsu. (Lihat: al-Irwa al-Ghalil. 2/180. al-Albani) Menurut al-Hafiz Ibn Hajar rahimahullah: Soleh bin Hassan (متروك) “Ditinggalkan”. (Lihat: المعجم الكبير 10/319)

Tambahan :

وَامْسَحُوْا بِهَا وُجُوْهَكُمْ    , فَهِيَ  زِيَادَةٌ مُنْكَرَة

“Dan sapulah muka kamu dengan telapak tangan kamu (setelah selesai berdoa), maka ia adalah tambahan yang mungkar”. (Lihat: المعجم الكبير 10/319) Berkata Abu Daud: Dia (soleh bin Hassan) seorang yang lemah. (Lihat: المعجم الكبير 10/319)

Hadist Kedua:

(2). حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ عِيْسَى الْجُهَنِيُّ عَنْ حَنْظَلَةَ بْنَ اَبِيْ سُفْيَانَ الْجُمَحِيِّ عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللهِ عَنْ اَبِيْهِ عَنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ فِى الدُّعَاءِ لَمْ يَحُطُّهُمَا حَتَّى يَمْسَحَ بِهَمَا وَجْهَهُ . قَالَ مَحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى فَى حَدَيْثِهِ : لَمْ يَرُدُّهُمَا حَتَّى يَمْسَحَ بِهَمَا وَجْهَهُ

2. “Berkata Hammad bin Isa al-Juhani dari Handhalah bin Abi Sufyan al-Jumahi dari Salim bin Abdullah dari bapaknya dari Umar bin al-Khattab radiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam mengangkat tangannya dalam berdoa. Baginda tidak mengembalikan kedua tangannya sehingga mengusap wajahnya. Berkata Muhammad bin al-Muthannah dalam hadistnya: Baginda tidak mengembalikannya keduanya sehingga mengusap wajahnya dengan kedua tangannya”. (Hadis Riwayat Tirmizi. 5/3386) Hadist di atas ini adalah hadist lemah karena sanad hadist ini berasal dari Hammad bin Isa al-Juhani. Nama lengkap beliau ialah: Hammad bin Isa bin Ubaid bin at-Thufail al-Juhani al-Wasiti al-Basri. Dia seorang perawi yang sangat lemah.

Berkata Sheikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullah: Perawi seperti dia adalah lemah sekali. Maka hadistnya tidak boleh dihasankan, dengan demikian sama sekali tidak boleh dishahihkan. (Lihat: Irwa al-Ghalil fii Takhrij Ahadis Manaris Sabil. 2/433)

Menurut al-Hafiz az-Zahabi: Hammad bin Isa al-Juhani adalah perawi yang lemah. (Lihat: سير اعلام النبلاء 16/67. Az-Zahabi)

Abu Zur’ah ar-Razi rahimahullah berkata: Hadist (Hammad) ini adalah hadist mungkar yang diyakini tidak ada asalnya. (Lihat: العلل 2/351. Ibnu Abi Hatim ar-Razi) Hadist di atas ini juga dilemahkan oleh para ulama hadist. Antaranya ialah: Ibnu Hajar al-Asqalani, Imam Ahmad dan Abu Hatim ar-Razi. Berkata Ibnu Makula: Para ulama hadist telah melemahkan hadis-hadis Hammad. (Lihat: تهذيب التهذيب oleh Ibnu Hajar. Lihat:العلل المتنهية 2/841. Ibnu al-Jauzi)

Hadist Ketiga:

(3). عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لاَ تَسْتُرُوْا الْجُدُرَ مَنْ نَظَرَ فِى كَتَابِ اَخِيْهِ بِغَيْرِ اِذْنِهِ فَاِنَّمَا يَنْظُرُ فِى النَّارِ ، سَلُوْ اللهَ بِبُطُوْنِ اَكُفِّكُمْ وَلاَ تَسْاَلُوْهُ بِظُهُوْرِهَا ، فَاِذَا فَرَغْتُمْ فَامْسَحُوْا بِهَا وُجُوْهَكُمْ

3. “Dari Abdullah bin Abbas radiallahu ‘anhu, sesungguhnya Rasulullah sallahu ‘alaihi wa-sallam bersabda: Janganlah kamu menutupi dinding-dinding (dengan kain), siapa melihat kitab saudaranya tanpa izinnya, maka sesungguhnya dia telah melihat dalam neraka. Mintalah kepada Allah dengan telapak-telapak tangan kamu dan janganlah meminta dengan belakangnya. Jika kamu telah selesai berdoa, maka usaplah wajah kamu dengan telapak tangan kamu”. (Hadis Riwayat Ibn Majah dan Abu Daud)

Menurut para ulama hadist menyatakan bahwasanya hadist ini sangat lemah karena mempunyai beberapa illath (penyakit):

Berkata Abul Hasan bin al-Qatthan dan Al-Hafiz Iban Hajar:

“Perawi hadist ini (Abdul Malik bin Muhammad bin Aiman al-Hijazi) هو مجهول “Dia tidak diketahui/tidak dikenali”. (Lihat: تقريب التهذيب – Ibnu Hajar)

Berkata Abu Dawud:

روي هذا الحديث من غير وجه عن محمد بن كعب كلها واهية وهذا الطريق امثلها وهو ضعيف ايضا

“Hadist ini telah diriwayatkan dari berbagai jalan dari Muhammad bin Ka’ab, yang semuanya sangat lemah. Walaupun sanad ini adalah yang terbaik, namun hadist ini juga adalah lemah”. (Lihat: مختصر سنن ابي داود 2/1432) Dengan penjelasan di atas, nyata sekali  bahwa hadist-hadist tentang mengusap (menyapu) muka setelah selesai berdoa tidak ada yang shahih, oleh karena itu hal tersebut adalah sesuatu yang bid’ah, karena perbuatan tersebut tidak pernah dilakukan dan tidak ada contohnya dari Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa-sallam, para sahabat, para tabi’in, tabi’ut at-tabi’in dan dari para ulama Salaf as-Soleh yang mengikut jejak mereka.

PANDANGAN ULAMA DALAM HAL INI (MENGUSAP / MENYAPU MUKA SETELAH BERDOA):

1 – AL-Mawarzi di dalam kitab al-Witr (hal. 236) berkata, “Imam Malik bin anas al-Ashbahi Rahimahullah (w. 179H) ditanya tentang seseorang yang mengusap mukanya dengan kedua telapak tangannya ketika berdoa,maka  beliau mengingkari hal itu dan berkata, “Aku tidak mengetahuinya.””

2 – Dari apa yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi (2/212), “Aku bertanya kepada Abdullah (Imam Abdullah Bin al-Mubarak Rahimahullah (w. 181H)/Ibnul Mubarak) berkenaan dengan orang yang jika berdoa mengusap mukanya, ia berkata, “Aku tidak menyaksikannya melakukan hal itu.” Ia berkata, “Abdullah berdoa qunut setelah ruku’ di dalam solat witr dengan mengangkat kedua tangannya.”

3 – al-Baihaqi (w.458H), penulis kitab al-Sunan al-Kubra, di dalam kitabnya (2/212) ia berkata, “Berkenaan masalah mengusap muka dengan dua telapak tangan selepas / selesai berdoa adalah sesuatu yang tidak ku hafal dari satu orang salaf pun  (generasi awal) dalam hal doa qunut, sekalipun diriwayatkan dari sebahagian mereka hal itu dalam doa di luar sholat. Telah diriwayatkan dari Nabi s.a.w. sebuah hadist yang di dalamnya terdapat kelemahan yang menurut sebahagian mereka hadist itu diamalkan di luar sholat, sedangkan di dalam solat hal itu adalah amalan yang tidak baku. Maka, yang lebih utama adalah tidak melakukannya dan membatasi diri dengan mengamalkan apa yang diamalkan oleh para salaf Rahimahullah berupa mengangkat kedua tangan (ketika berdoa) tanpa mengusap muka di dalam solat.

4 – Imam al-Nawawi Rahimahullah (w. 676H) turut tidak memandub-kan (menyarankan/mengharuskan) mengusap muka setelah berdoa, sekalipun di luar sholat, sebagaimana yang disebutkannya di dalam kitab al-Majmu’. Hal itu disebutkan pula oleh Ibnu ‘Alan di dalam kitab Syarh al-Adzkar (2/311). Di dalam kitab ar-Raudhah (1/255), beliau Rahimahullah berkata, “Aku telah katakan bahwa tidak mustahab secara mutlak mengusap walau selain muka sama sekali, bahkan jama’ah dari kalangan para ahli ilmu berpendapat bahwa hal itu makruh hukumnya.  Ini adalah cabang dari salah satu aspek menurut kalangan pengikut syafi’i berkenaan dengan mengusap muka setelah berdoa.

5 – Menurut Sheikh al-Islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah (w. 728H) menyatakan di dalam al-Fatawa (22/519), dalam hal ini: “Berkenaan dengan Nabi s.a.w. mengangkat tangan ketika berdoa telah ada sejumlah hadist shahih berkenaan dengannya, sedangkan berkenaan dengan mengusap muka dengan kedua tangan, tidak ada hadist berkenaan dalam hal itu, melainkan satu atau dua buah hadist saja yang tidak boleh dijadikan hujjah dengan keduanya. Wallahu a’lam.

6 – al-Fairuz Abadi Rahimahullah (w. 817H) di dalam kitab Safar as-Sa’adah ia berkata, “Mengenai masalah mengusap muka dengan dua telapak tangan setelah berdoa tidak ada hadist yang sahih berkenaan dengannya.” Maka, beliau juga turut menyatakan bahwa hal menyapu muka selepas berdoa adalah tidak disunnahkan.

7 – Ibnu ‘Alan ash-Shadiqi (w. 1057H), di dalam kitab syarh al-Adzkar (2/311) menyatakan bahawa, “Terdapat faktor yang memperkuat aspek pertama dari mazhab syafi’i bahwa ia menjadikan mustahab (disarankan) mengangkat tangan (ketika berdoa), dan tidak mengusap. Wallahu a’lam.

_____________________________________________
Disusun/Rujukan dari:
1. Hukum Mengusap Muka Setelah Solat Dan Berdoa (Terjemahan dari: Jus un fi Mash al-Wajhi bi al-Tadaini ba’da Raf ‘Ihima ad-Du’a), Oleh Sheikh Bakr Bin Abdullah Abu Zaid, Terbitan Darul Falah, Cet. II, 1995M/1416H.
2. Kertas kerja – Hukum Menyapu Muka Setelah Salam Dan Berdoa, Ust. Rasul Bin Dahri.

__________________________________________________

Toko Al-Khair Online menyediakan berbagai macam Produk Thibbun Nabawi dan Herbal Alami. Insya Allahu ta’ala kami siap membantu mensuplai kebutuhan belanja herbal anda dengan baik, aman dan amanah secara Online.

Jagalah kesehatan dan tubuh Anda, “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia turunkan untuk penyakit itu obatnya.” (HR. Al-Bukhari No. 5678)

Xamthone Plus
Harga
Rp 230.000,- Rp 210.000,-
1 karton Rp 950.000,-

KM Habbasyifa 90 Kapsul
Harga
Rp 45.000,- Rp 38.250,-
KM Habbatussauda Habbasyi (200, 100 Kps)
Harga
Rp 95.000,- Rp 80.750,-
Rp 50.000,- Rp 42.500,-
Koyo Detox Happy Life Foot Patch & Bamboo
Harga
Rp. 20.000,- /pcs
50pcs @Rp. 10.000,-/pcs
KM Habbatussauda Innolife (85, 50 Kps)
Harga
Rp 62.500,- Rp 53.500,-
Rp 45.000,- Rp 38.250,-

KM Habbasyi Oil 75 dan 200 Kps
Harga
Rp 42.000,- Rp 40.000,-
Rp 95.000,- Rp 80.750,-
KM Habasyi + Propolis 205 kapsul
Harga
Rp 115.000,- Rp 100.000,-
Innolife Olive Oil 60 Kapsul
Harga Rp 35.000,-
Zaitun Al-Amir (Extra Virgin Oil) 175 ml
Harga Rp 40.000,-
Sari Kurma Dates Honey 624gr
Harga Rp 40.000,-
Teh Celup Kulit Manggis 40g (20 kantung celup x 2gram)
Harga Rp 20.000,-
Sari Kurma Karomah Vicomas 350 Gr
Harga Rp 40.000,-
Cream Zaitun Arofah
Harga Rp. 15.000,-
Cream Zaitun Alghuroba
Harga Rp 15.000,-
Aliya Cantik Anti Acne (Cream atasi Jerawat)
Harga Rp 40.000,-
Jelly Gamat Gold-G 320 ml
Harga Rp 180.000,-
1 karton Rp 1.500.000,-

Aliya Cantik Natural Regenerating
Harga Rp 40.000,-
Propolis Diamond 6 ml
Harga
Rp 125.000,- Rp 85.000,- (1 pack Rp 500.000,- Free Ongkir)
Teh Celup Daun Sirsak Griya Herba
Harga Rp 25.000,-
Sirup Gurah Plus Propolis & Royal Jelly 125 ml
Harga
Rp 50.000,- Rp 45.000,-
Otem 15 ml
Harga Rp. 25.000,-
Sekar Malam Kembali Gadis
Harga
Rp 180.000,- Rp 153.000,-
Madu Pasak Bumi 350 gr
Harga
Rp 50.000,- Rp 42.500,-

TGV (Bukan untuk Gadis)
Harga Rp 95.000,-
Madu Anak Syamil 125 ml (Lengkap)
Harga Rp 22.000,-
Madu Kejantanan 350 gr
Harga
Rp 80.000,- Rp 68.000,-
Minyak Daun Alpukad 90 Kapsul
Harga
Rp 85.000,- Rp 72.250,-
(Reseller 35-55%)
Teh Herbal Detoxifikasi
Harga Rp 35.000,-
Ekstrak Kulit Manggis (Solusi Ampuh Atasi Penyakit Jantung)
Harga
Rp 85.000, Rp 72.250,-
(Reseller 35-55%)
Propolis Melia 6 ml
Harga
Rp 100.000, Rp 65.000,- (1 box Rp 350.000,- free Ongkir)
Minyak Daun Sirsak + Propolis 90 Kapsul
Harga
Rp 125.000,- Rp 106.250,-
(Reseller 35-55%)
Madu Propolis Assalaamah Harga
Rp 85.000, Rp 80.000,-
Madu Albarokah
Harga
Rp 95.000, Rp 85.000,-
Madu Hitam DIABET 3 In 1
Harga
Rp 60.000,- Rp 51.000,-
Madu Zein Ramuan 3 Herbal
Harga
Rp 45.000,- Rp 40.000,-
Ekstrak Daun Saga 90 Kapsul (S0lusi Batuk Anda)
Harga
Rp 75.000,- Rp 63.750,-
(Reseller 35-55%)
Minyak Daun Sirsak 90 Kpsl (Solusi Ampuh Atasi Kanker)
Harga
Rp 65.000,- Rp 55.250,-
(Reseller 35-55%)
Slimming Blue
Harga Rp 55.000,-
Ratu Langsing
Harga
Rp 50.000,- Rp 42.500,-
(beli 2 @Rp 40.000,-)
Pembalut Herbal Avail Day Use
Harga Rp 32.000,-
Pembalut Herbal Avail Night Use
Harga Rp 32.000,-
Pembalut Herbal Avail Pantyliner
Harga Rp 32.000,-

Fast Respond: 0812 10110 323

FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS
Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP
KIRIM KE 0812 10 1 10 323

Semoga Allah memberi kesehatan bagi kita semua yang dengannya dapat kita pergunakan untuk beribadah kepadaNya, dan memberi pahala kepada kita semua yang telah mencoba mengamalkan sunnah RosulNya. Amin.

Tentang lataghdhab
Herbal Shop Al-Khair | Mudah, Aman dan Amanah | Segala Kebaikan Obat Ada di Thibbun Nabawi dan Herbal Alami :: FORMAT PEMESANAN LEWAT SMS :: Jenis Produk, Jumlah#Nama#Alamat (RT/RW, Kel/ Kec, Kodepos)#No. HP#Bank KIRIM KE 081210110323. Barokallahu fykum

Tinggalkan komentar